Breaking News

Ini 7 Modal Dasar Sebelum Terjun ke Bisnis Online


Bisnis Online (foto: Pixabay)
Tidak dapat dimungkiri bahwa dunia online tidak hanya digunakan sebagai media berbagi informasi, namun jauh dari itu, internet telah merambah menjadi ladang uang yang mampu memberikan pendapatan bagi mereka yang menggelutinya.
   
Internet telah memberikan kesempatan bagi siapa pun, tidak memandang usia ataupun jabatan, untuk membangun sebuah bisnis yang memiliki jaringan ke seluruh dunia.
   
Dalam dunia internet, lahirnya sebuah bisnis yang memanfaatkan jaringan global untuk menjangkau pasar yang lebih jauh. Bisnis tersebut dikenal dengan bisnis online.
   
Semakin hari, semakin banyak saja orang yang menggeluti bisnis online, tanpa terkecuali penulis ini sendiri yang menjadikan internet sebagai ladang bisnis untuk meraup keuntungan.
   
Bagaimana? Apakah Anda tertarik menggelutin bisnis online? Dalam artikel kali ini, penulis ingin mengajak Anda untuk memahami hal apa yang perlu dipersiapkan sebelum Anda benar-benar terjun ke bisnis online.
   
Nah, modal dasar yang perlu dipersiapkan di antaranya adalah:
   
1. Memiliki e-mail
   
Ini hal dasar yang harus Anda miliki. Anda wajib memiliki email yang nantinya akan digunakan untuk membuat blog atau website, mendaftarkan akun sosmed, membuat akun paypal dan nantinya sebagai alat komunikasi antara klien dengan Anda. Pastikan email tersebut tercantum dalam blog atau web Anda.
   
2. Memiliki akun sosmed
   

Fungsi sosmed di sini digunakan untuk personal branding. Saran saya, tidak perlu banyak membuat sosmed. Cukup pilih salah satu sosmed yang paling Anda senangi dan kembangkan sosmed tersebut agar dapat digunakan sebagai alat meningkatkan personal branding.
   
3. Memiliki blog/web
   
Ini mungkin kunci utama. Yang pertama kali yang harus Anda miliki adalah sebuah wadah dimana wadah tersebut menjadi tempat Anda melakukan bisnis online. Wadah tersebut berupa blog atau website, Anda boleh pilih salah satunya tergantung Anda ingin menawarkan apa di internet. “Saya masih pemula, tidak bisa membuat blog atau website, bagaimana?” Tenang, Anda bisa mempelajari cara membuat blog atau website di panduan membuat website WordPress.
   
4. Memiliki sebuah produk
   
Produk apa yang ingin Anda tawarkan? Apakah Anda ingin menawarkan sebuah jasa review, backlink, atau jualan online? Apapun itu, Anda dapat melakukannya bila Anda memiliki sebuah blog atau website. Bila anda menawarkan jasa, maka blog adalah wadah yang cocok untuk Anda. Namun bila Anda ingin berjualan online, maka buatlah sebuah website toko online. Namun bila Anda belum bisa membuat toko online, gunakan blog saja tidak masalah.
   
5. Memiliki rekening khusus

Sebagai media pembayaran, Anda membutuhkan rekening pribadi. Jadi kalau belum punya rekening, ya silakan buka rekening dulu. Cukup buat satu rekening di bank populer (seperti BCA, BNI, Mandiri, dan BRI). Kalau bisa, jangan menggabungkan antara rekening tabungan dengan rekening bisnis online.
   
6. Memiliki akun paypal

Sama seperti rekening, paypal kita gunakan sebagai metode pembayaran, terutama klien yang berasal dari luar negeri. Untuk sekarang tidaklah sulit membuat akun paypal.
   
7. Memiliki laptop dan smartphone

Saya rasa semua orang sekarang ini pasti sudah memiliki laptop dan smartphone, karena sekarang kedua barang ini adalah barang yang wajib dimiliki. Akan sangat merepotkan bila Anda ingin berbisnis online namun tidak ada perangkat yang mampu mendukung bisnis online Anda. Karena bila tidak ada laptop, Anda kesulitan untuk membangun sebuah blog/website, mempromosikan blog Anda, dan pengembangan ilmu.
   
Yang tidak kalah penting, terus semangat untuk update ilmu terbaru. Ilmu internet semakin berkembang, bila kita tidak update, maka kita bisa ketinggalan.
 
Artikel ini dikirim oleh Monza Aulia 
Blog: www.monzaaulia.com

Tidak ada komentar