Breaking News

Enam Manfaat Menggunakan Sistem Absensi Online Bagi Perusahaan



Dunia industri berkembang pesat dengan dukungan teknologi untuk menciptakan efisiensi. Dalam manajemen tenaga kerja, banyak perusahaan mempertimbangkan teknologi baru, seperti sistem absensi online untuk menciptakan efisiensi waktu dan uang.

Melacak waktu dan kehadiran karyawan adalah salah satu tugas utama dari bisnis apa pun. Pasalnya, sistem payroll akan dihitung berdasarkan jam kerja secara pasti, bukan pada jam kerja yang hanya dikira–kira oleh karyawan. Penekanan utama dari sistem absensi online adalah membantu mempertahankan tenaga kerja agar lebih   produktif dan hemat biaya.  

Karena itu, bagi perusahaan-perusahaan sudah saatnya mempertimbangkan untuk memakai sistem absensi online dan mendapatkan beberapa manfaat seperti berikut ini.

1. Sistem Penggajian Akurat
   
Manfaat paling mendasar bagi tim Human Resource Development (HRD) adalah bisa mempercepat dan mempermudah proses penggajian. Sistem penggajian lebih akurat dan otomatis, karena karyawan bisa mencatat dan melacak catatan kehadiran secara harian, mingguan, atau bulanan secara mandiri. Termasuk pencatatan waktu jam masuk, jam pulang, lembur, dan izin cuti memakai sistem online. Dengan sistem penggajian yang akurat dan otomatis, akan mengurangi kemungkinan terdapat kesalahan atau perbedaan perhitungan upah, bonus, atau kompensasi lembur. Karyawan bisa lebih fokus pada pekerjaan masing–masing karena administrasi penggajian dapat dipercaya kredibilitasnya.

2. Mencegah Kecurangan Waktu

Aksi kecurangan waktu seperti titip absen di antara sesama karyawan adalah lagu lama yang dianggap “lumrah”. Tetapi, bagi perusahaan hal ini merupakan kerugian waktu dan uang yang besar. Menurut perkiraan data statistik, lebih dari 75 persen bisnis perusahaan mengalami kerugian dana yang besar akibat dari “titip absen”. Baik disengaja atau tidak, aksi titip absen adalah tindakan curang. Tetapi, dengan sistem absensi online yang otomatis, maka bisa mencegah kecurangan waktu yang dilakukan karyawan. Sistem absensi online yang menerapkan metode biometrik hanya bisa dilakukan oleh si karyawan tersebut. Tidak ada yang bisa memalsukan sidik jari saat jam   masuk atau jam keluar. Sistem absensi online biometrik adalah salah satu cara terbaik untuk mencegah kecurangan waktu karyawan perusahaan.

3. Perencanaan dan Manajemen Shift Efisien

Perusahaan yang berskala besar, terutama di sektor industri biasanya memiliki jumlah karyawan ribuan. Sangat penting untuk memanajemen shift yang efektif, cerdas, dan efisien agar perusahaan dapat memenuhi target produksi tepat waktu. Penggunaan sistem absensi online otomatis memungkinkan fleksibilitas dalam penugasan shift karyawan. Pasalnya, memungkinkan tim HRD untuk melakukan penjadwalan karyawan otomatis hanya dengan beberapa klik. Sistem absensi online juga dapat digunakan untuk mengatur jadwal, mengalokasikan tugas, dan mengelola manajemen shift dengan mudah.

4. Peningkatan Produktivitas

Karena kesalahan manual dapat dikurangi dan praktik kecurangan seperti titip absen dapat dihindari, maka sistem absensi online dapat mengurangi tekanan kerja
berlebihan pada tim HRD. Hal ini dapat membantu menghemat waktu selama proses laporan ketika membutuhkan data gaji karyawan secara akurat. Sistem manajemen absensi online akan mencegah risiko kesalahan entri data yang bisa saja terjadi jika menerapkan metode berbasis kertas. Hal ini akan memastikan kelancaran operasional jam   karyawan dan efisiensi jadwal kerja karyawan. Produktivitas perusahaan pun semakin bertambah.

Baca Juga: 9 Fitur Inovatif yang Ada di Aplikasi Absensi LinovHR

5. Memberi Kepuasan kepada Karyawan

Karyawan yang bahagia adalah tolok ukur dari perusahaan yang produktif. Karyawan tidak perlu lagi bertanya pada tim HRD, mereka masih punya berapa hari waktu cuti atau bolak–balik ke ruang HRD hanya untuk mengajukan izin sakit. Sistem absensi online yang berkualitas akan memungkinkan karyawan mengakses informasi mereka sendiri secara online, setiap saat karyawan bisa login dan mengakses untuk melihat catatan kehadiran mereka sesuai permintaan dan mereka bisa melihat seberapa baik kinerja mereka di perusahaan. Informasi yang diperoleh ini akan menjadi acuan untuk penilaian kinerja dan kompetensi dalam menyelesaikan sebuah proyek. Karyawan yang merasa diberdayakan perusahaan akan merasa lebih puas selama bekerja.
   
6. Bisa Disesuaikan Kebutuhan


Berbeda dengan sistem berbasis kertas yang rentan kesalahan, terutama untuk perusahaan berskala besar yang mengelola ribuan karyawan, sistem absensi online lebih bisa diandalkan. Sistem manajemen kehadiran online atau sistem absensi online memiliki fitur–fitur yang fungsional dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan jadwal kerja perusahaan. Karena itu, biarkan LinovHR membantu Anda dalam mengelola SDM, payroll, dan berbagai administrasi HRD lainnya. Dapatkan akun trial gratis LinovHR sekarang juga.

Tidak ada komentar